Tips Menghemat Baterai Android

Sponsored Links

Seiring dengan begitu banyaknya ponsel pintar berbasis android di pasaran, masalah demi masalah kian muncul, terutama pada baterai. Hp android dengan spesifikasi dan harga yang tinggi tidak menjamin baterainya bisa bertahan lama apalagi hingga 24 jam. Masalah utama adalah para pengguna smartphone saat ini sangat bergantung pada smartphone-nya dalam hal pekerjaan. Oleh karena itu, sebagai pengguna ponsel android anda harus cermat dalam penggunaan baterai.

tips menghemat baterai android

Kebiasaan dalam pemakaian ponsel android sehari-hari merupakan faktor utama yang membuat ponsel anda boros baterai. Kebiasaan menggunakan aplikasi yang terhubung ke internet juga sangat mempengaruhi daya tahan baterai, belum lagi ditambah aktivitas bermain game dengan volume yang maksimal. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mencoba begitu banyak aplikasi penghemat baterai seperti DU Battery Saver, namun sebenarnya yang utama adalah mengenai kebiasaan anda dalam menggunakan ponsel yang terkenal dengan logo robot berkepala hijau ini.

Namun hal ini tidak perlu anda khawatirkan, karena kali ini kami akan memberikan tips menghemat baterai android.

Mematikan Ponsel Anda Saat Tidur. Hal yang sepele, namun ini adalah langkah awal yang harus anda lakukan untuk merubah kebiasaan anda. Ada beberapa ponsel yang memiliki fitur untuk mematikan serta menghidupkan ponsel secara otomatis. Jika anda tidak ingin mematikan ponsel, anda bisa menggunakan mode pesawat atau Airplane Mode/Flight Mode.

Mematikan Wifi, GPS, dan Bluetooth. Ketika anda sudah tidak membutuhkan fitur ini, cobalah untuk mematikannya. Karena Wifi, GPS, dan Bluetooth ketika aktif akan terus menggunakan daya baterai sekalipun tidak anda gunakan.

Uninstall Aplikasi. Aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah anda gunakan sebaiknya dihapus. Anda bisa melihat aplikasi yang terpasang lewat Settings -> Apps -> Downloaded. Anda bisa memilih aplikasi-aplikasi yang menurut anda tidak begitu penting untuk dihapus. Ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dihapus jika ponsel anda belum di’root’. Anda bisa mengakali dengan meng-disable aplikasi tersebut sehingga bisa menghemat penggunaan daya baterai anda.

Prioritaskan Wi-Fi Dibanding Paket Data. Jika anda berada di lokasi yang memiliki akses wi-fi, sebaiknya anda memanfaatkannya karena konetifitas melalui wi-fi lebih hemat dibanding menggunakan paket data.

Pengaturan Jaringan 3G Prefer. Dengan pengaturan ini, ketika jaringan 3G tidak tersedia atau jelek, maka otomatis akan berubah ke jaringan 2G. Jaringan 2G seperti EDGE atau GPRS merupakan mode GSM yang menggunakan daya baterai yang sedikit sehingga akan menghemat baterai android anda.

Mematikan Auto Brightness Layar

Cobalah untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar secara manual, karena fitur auto brightness justru membuat baterai menjadi boros. Hal ini dikarenakan sistem operasi akan secara terus menerus mendeteksi cahaya.

Sinkronisasi Akun. Anda harus selektif dalam mengsinkronkan akun, misalnya pada akun Google. Akun Google yang anda gunakan pada ponsel android secara otomatis akan melakukan sinkronisasi pada data kontak, kalender, email, dan sebagainya. Anda bisa memilih data apa saja yang ingin anda sinkronisasikanyang sesuai dengan kebutuhan.

Gunakan Powerbank. Ini merupakan langkah terakhir sebagai tips menghemat baterai android jika langkah-langkah di atas sudah anda lakukan namun ponsel anda masih boros baterai. Bisa jadi dikarenakan baterai anda memang sudah mulai rusak.

Kunci utama dalam menghemat baterai android adalah mengenai kebiasaan sehari-hari. Seiring popularitas jejaring sosial, perilaku sosial kita lebih cenderung untuk menggunakan ponsel bahkan ketika berada di tempat umum. Menyimpan ponsel dan berinteraksi sosial secara langsung dengan orang-orang disekitar kita adalah hal yang harus kita biasakan mulai sekarang. Semoga tips menghemat baterai android ini bisa bermanfaat bagi anda.

Baca artikel kecantikan terbaru kami tentang cara merawat kulit berminyak